Sabtu, 30 April 2022

Berawal Dari Sebuah Mimpi

 



Menjadi guru honorer belasan bahkan puluhan tahun itu tidaklah mudah. Lebih banyak duka daripada sukanya, walaupun begitu semua aku jalani dengan ikhlas. Tugas dan kewajiban mesti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, untuk hasil kedepannya cukup aku evaluasi lalu perbaiki kemudian pasrahkan semuanya kepada Allah SWT.

Berawal dari sebuah mimpi demi perubahan yang lebih baik, aku ingin ada progres, lelah sudah hidup tetap tidak ada perubahan. Peluang untuk maju dan berkembang akan tercipta apabila kita mau berusaha. Dunia tidak seluas daun kelor, aku mesti terus belajar, mengembangkan diri, berkreasi serta berinovasi, tekadku sudah bulat serta tidak bisa terbantahkan lagi.

Dengan bergabung bersama teman-teman senasib sepenanggungan kemudian mendirikan organisasi profesi ternyata berdampak besar bagiku juga orang banyak di negeri ini. Bukan hanya memperluas wawasan tapi juga memperbanyak pertemanan serta memperkuat jaringan. Aku harus memulai membuka panggungku sendiri karena sedari kecil aku tidak suka menjadi pengekor, aku lebih tertarik untuk menjadi pelopor. Bersama Konseptor berikut Ketua Umum GTKHNK 35+ H. Nasrullah beserta ribuan teman-teman lainnya aku berjuang untuk mewujudkan mimpi.

Panggung sudah berdiri kemudian menjadi sebuah rumah besar serta berisi. Impian selangkah lagi akan terwujud. GTKHNK 35+ sudah mendapatkan kebijakan afirmasi usia sebesar 15%, penurunan Passing Grade dan kebijakan-kebijakan lainnya sebagai bukti perhatian Pemerintah kepada guru honorer khususnya yang telah berusia 35 tahun ke atas dari sekolah negeri.

Aku harus fokus ke satu titik dahulu yaitu lulus seleksi CASN PPPK Tahap 1 Tahun 2021. Allah SWT membukakan jalan untukku yaitu bergabung dan aktif dengan kegiatan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh APKS PGRI termasuk Kemendikbud Ristek Dikti melalui akun SIM PKB dan akun belajar.id yang aku miliki. Bapak Wijaya Kusumah (Om Jay) yang pertama mengajaku bergabung dengan APKS PGRI.

Webinar dan Try Out persiapan tes CASN PPPK selalu aku ikuti. Modul beserta soal-soal kala itu ibarat menjadi makanan pokok sehari-hari, tentunya disertai do'a kepada Allah SWT. Aku tidak ingin berhenti untuk terus belajar demi menggapai harapan. Disela menunggu pengumuman hasil seleksi CASN PPPK Tahap 1 Tahun 2021, aku mendirikan Komunitas Guru Pelita Dunia, sebuah Komunitas khusus untuk guru belajar, berbagi dan berinovasi. Pengumuman hasil seleksi akhirnya pun tiba, alhamdulillah aku lulus serta menempati formasi di sekolah yang aku lamar, sekolah tempatku mengabdi sebagai guru honorer sejak 2007. 

Setelah itu, pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh APKS PGRI seperti Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital dan Pelatihan Menulis aku ikuti demi terus meningkatkan kompetensi. Aku juga turut bergabung dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh SATUGURU salah satunya yaitu peserta narasi inspirasi termasuk menulis artikel dengan tema menjadi guru yang holistik. Kini disamping aku tetap menulis artikel-artikel di blog atau untuk media massa cetak maupun online, ide menulisku mulai aku tuangkan juga melalui buku antologi maupun buku solo. Bagiku tidak ada kata terlambat untuk menulis dan berkarya.

Sekali lagi, berawal dari sebuah mimpi akhirnya banyak sudah yang telah aku raih. Walaupun begitu perjuangan belumlah selesai hingga titik nadir. Satu yang perlu dicamkan baik-baik, sejauh apapun kau berlari mengejar dunia dan sebanyak apapun pencapaian serta prestasi yang diperoleh, hidup akan tetap berakhir pada kematian karena sesungguhnya dunia adalah tempat persinggahan sementara bagi manusia, oleh karena itu jadikanlah semua amal perbuatan kita sebagai bentuk ibadah dengan niat karena Allah Ta'ala agar semuanya membawa keberkahan juga keselamatan dunia dan akhirat.

Selama hayat masih dikandung badan, hidup adalah perjuangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, maka bermimpilah setinggi langit dan gapailah bulan, bilamana kau terjatuh, maka kau akan berada diantara bintang-bintang. Jangan lupa, jadikanlah hidup kita di dunia ini untuk meraih bekal pada kehidupan selanjutnya di akhirat nanti. Salam literasi.

1 komentar:

Opening Ceremony Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 31

  Poto Dok. Sigid PN Tidak terasa Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI sudah memasuki Gelombang 31. Untuk acara Opening Ceremony KBMN...