Selasa, 10 Mei 2022

Literasi Dalam Pandangan UNESCO

 




Literasi awalnya lebih diartikan sebagai melek aksara, dalam artian tidak buta huruf atau bisa membaca. Pada fase-fase awal, literasi secara umum selalu diidentikkan dengan kemampuan membaca tetapi dalam perkembangan berikutnya, dimaksudkan literasi adalah suatu kemampuan untuk membaca, menulis dan kemampuan menghitung sering diistilahkan sebagai literasi dasar (basic literacy). 

Saat ini seiring dengan dinamika masyarakat serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep dan definisi serta pemaknaan literasi kian kompleks dan bervariatif. Pengertian literasi di tahun 1957, UNESCO menyebutkan bahwa seseorang dapat disebut literat apabila dapat memahami, baik dengan membaca dan menulis sebuah pernyataan sederhana yang singkat tentang kehidupannya sehari-hari hingga literasi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, mengkomunikasikan, dan menghitung, menggunakan materi cetak dan tertulis yang terkait dengan berbagai konteks (UNESCO, 2004, 2017). 

Literasi melibatkan suatu rangkaian kesatuan pembelajaran dalam memampukan individu-individu untuk mencapai tujuan-tujuan mereka, mengembangkan pengetahuan dan potensi mereka, serta berpartisipasi secara penuh di dalam komunitas  mereka dan masyarakat luas (UIS, UNESCO, 2018).  Disebutkan oleh Montoya (2018) Terdapat 3 (tiga) fitur kunci terkait definisi literasi UNESCO yaitu: 

  • Literasi adalah tentang penggunaan yang mana masyarakat menjadikannya sebagai sarana berkomunikasi dan berekspresi, melalui berbagai media;
  • Literasi bersifat jamak, dipraktikkan dalam konteks tertentu untuk tujuan tertentu dan menggunakan bahasa tertentu;

  • Literasi melibatkan kontinum pembelajaran yang diukur pada tingkat kemahiran yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Opening Ceremony Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 31

  Poto Dok. Sigid PN Tidak terasa Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI sudah memasuki Gelombang 31. Untuk acara Opening Ceremony KBMN...